Cek detail produk Plat nomor rumah

Daftar isi

Percetakan Rambu dan Plang Keselamatan Kerja, Menyediakan Aneka Rambu K3.

Percetakan Rambu dan Plang Keselamatan Kerja Terbesar dan Termurah di Indonesia

Percetakan rambu dan plang keselamatan kerja / Safety Sign Termurah di Indonesia Kami menawarkan berbagai macam Safety Sign K3 sesuai dengan kebutuhan proyek atau bisnis Anda.

Rambu keselamatan K3 merupakan alat komunikasi kesehatan dan keselamatan kerja.

Tahukah Anda bahwa menurut data BPJS ada 177.000 klaim santunan kecelakaan akibat kerja di tahun 2020 yang mengakibatkan kerugian miliaran?

Kecelakaan ini menyebabkan kematian, kerugian harta benda dan lingkungan, serta produktivitas dan keselamatan manusia.

Oleh karena itu, tanda K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) harus digunakan untuk meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan di proyek atau bisnis Anda.

Alih-alih menggunakan pelindung K3 di tempat perusahaan atau proyek saat ini, Anda akan menderita kerugian besar akibat kecelakaan yang terjadi di tempat kerja. Mulya Jaya Print yang merupakan percetakan rambu dan plang keselamatan kerja nenberikan solusi yang menawarkan salah satu produk kami yaitu rambu dan plang keselamatan kerja.

Pentingnya Menggunakan Rambu Keselamatan dan Kesehatan Kerja / Safety Signs

Pada aktivitas kerja, baik yang membahayakan keselamatan atau kesehatan, dapat menimbulkan bahaya. Karyawan seringkali terpapar berbagai faktor risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja (PAK) di tempat kerja.

Tidak ada tempat kerja atau bisnis yang dapat mencegah sumber bahaya apa pun, baik fisik, ergonomis, kimia, biologis, maupun psikologis. Bahkan beberapa tempat kerja terkena bahaya yang kompleks dan berisiko tinggi seperti konstruksi, pertambangan, minyak dan gas. 

Oleh karena itu, mengelola risiko yang kompleks ini memerlukan manajemen risiko manajemen di tempat kerja. Salah satunya adalah penerapan rambu keselamatan atau rambu kesehatan dan keselamatan kerja (rambu K3) dengan merancang atau meletakkan rambu ganda di tempat kerja.

Rambu dan Plang Kesalamatan Kerja Secara Harfiah

Rambu-rambu keselamatan secara definitif merupakan visual berupa gambar-gambar yang ditempatkan di area kerja dan mencantumkan pesan-pesan agar seluruh karyawan selalu terinformasikan tentang aspek-aspek keselamatan kerja.

Fungsi Rambu dan Plang Keselamatan Kerja

Perlu diingat bahwa ikon keselamatan bukanlah elemen kontrol utama dan keberadaannya tidak dapat sepenuhnya menghilangkan bahaya. Namun, tanda-tanda keselamatan memainkan peran penting dalam meminimalkan atau meminimalkan bahaya untuk mencegah kecelakaan kerja (PAH). 

Rambu keselamatan juga membantu manajemen perusahaan mengingatkan karyawan, kontraktor, atau tamu perusahaan tentang potensi bahaya dan cara menghindarinya. 

Jika tempat kerja Anda tidak memiliki tanda-tanda keselamatan, Anda dapat membayangkan bahwa orang-orang yang bekerja atau bekerja di sana tidak mengetahui bahaya apa yang ada di sana, apa yang tidak dapat mereka lihat, dan bagaimana cara menghindarinya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan angka kecelakaan kerja (PAK). 

Manfaat Safety Sign Yang Harus Anda Tahu

  1. Sebagai media pengingat kepada pekerja tentang bagaimana menghindari potensi risiko bahaya. 
  2. Menunjukkan potensi bahaya pada area kerja yang mungkin tidak terlihat. 
  3. Memberikan informasi dan instruksi umum.
  4. Mempermudah proses evakuasi.
  5. Membuat pekerja atau orang lain di area tersebut sadar dan tertarik pada bahaya di tempat kerja.
  6. Membantu perusahaan memperoleh sertifikasi SMK3, ISO dan OHSAS serta mematuhi peraturan keselamatan kerja.
  7. Ini memberikan banyak poin dalam audit kesehatan dan keselamatan kerja untuk membantu perusahaan memperoleh sertifikasi seperti SMK3, ISO, OHSAS, dll. 
  8. Memenuhi persyaratan peraturan keselamatan di tempat kerja. 

Aturan Pengunaan Safety Sign

Dasar Hukum Nasional Penggunaan Safety Sign

Pada UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, memasang safety sign merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi perusahaan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja dan orang lain yang berada di tempat kerja. 


UU No.1 Tahun 1970 Pasal 14 huruf (b)

“Pengurus diwajibkan memasang dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua gambar keselamatan kerja yang diwajibkan dan semua bahan pembinaan lainnya, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli Keselamatan Kerja.”

Dasar Hukum Internasional Penggunaan Safety Sign

Sementara menurut regulasi internasional, Occupational Safety and Health Administration (OSHA) juga menyatakan hal serupa. Standar OSHA 1910.145 tentang Specifications for Accident Prevention Signs and Tags, mewajibkan penggunaan tanda atau simbol yang menunjukkan suatu bahaya atau kemungkinan bahaya tertentu yang membahayakan pekerja atau mengakibatkan kerusakan properti di tempat kerja. 

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Pada Safety Sign

Dalam layout safety sign, jika Anda ingin menambahkan informasi teks, Anda dapat menambahkannya di luar gambar, misalnya di samping gambar atau di bawah gambar. Tanda keselamatan juga harus berisi pesan dan tidak boleh digabungkan dengan pesan lain. Kedua pesan keselamatan itu harus dijelaskan oleh dua tanda keselamatan itu. Misalnya, foto penggunaan alat pelindung diri, helm dan kacamata. Helm dan kacamata harus diberi label secara terpisah menggunakan dua gambar yang berbeda.

1. Sesuaikan kebutuhan safety sign Anda dengan kebutuhan bisnis Anda


Tentukan area mana yang memerlukan tanda keamanan dan beri tahu kami kebutuhan Anda. Kami merekomendasikan apa yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Desain tanda keselamatan harus sesuai dengan standar nasional / internasional

Menurut standar ANSI Z535, pesan harus dapat dibaca. Tanda keselamatan harus berisi informasi yang jelas dan mudah dipahami. Pesan / teks sinyal keselamatan biasanya mencakup prosedur dan risiko atau konsekuensi.

2. Pesan tanda keselamatan harus jelas dan mudah dipahami untuk memudahkan pemahaman dan menghindari kebingungan antara pekerja dan kontraktor.


3.Tandai tanda keselamatan bahan yang sesuai dengan tempat kerja


Saat memutuskan bahan mana yang akan digunakan untuk membuat tanda keselamatan, perhatian harus diberikan pada kekuatan bahan: tahan air, tahan panas, dan tahan gores. Tujuannya bukan untuk membuang-buang uang untuk tanda-tanda keselamatan. Kualitas tinggi. 

4.Pemasangan Safety Sign Yang Baik Dan Benar


Posisi penempatan dan pemasangan safety sign harus dapat mudah dibaca setidaknya 1,5 meter agar seseorang dapat dengan mudah mengikuti instruksi pada rambu. Hal lain yang harus diperhatikan lagi adalah lokasi penempatan safety sign harus strategis. 

Kenapa Harus Memilih Mulya Jaya Print Sebagai Perusahaan Pembuatan Rambu Keselamatan Kerja? 

  1. Kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembuatan plang dan rambu yang sudah ada sejak 1994
  2. Memiliki karyawan professional yang ahli pada bidangnya
  3. Kami memfokuskan untuk konsisten menciptakan produk yang dapat bertahan hingga puluhan tahun
  4. Proses produksi tercepat
  5. Garansi pada kualitas produk-produk kami

Percetakan Rambu dan Plang Keselamatan Kerja Terpercaya dan Termurah

Anda dapat memilih ribuan gambar tanda keselamatan berdasarkan bahaya pada area kerja Anda. Pilih gambar dari koleksi spanduk keamanan kami dan jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan membantu Anda menemukan apa yang anda butuhkan. Berbagai desain tanda keselamatan kami menggunakan ISO, ANSI, British (BS), IMO, OSHA dan desain standar lainnya. 


Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...