Cek detail produk Plat nomor rumah

Daftar isi

Jual Rambu K3 (Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) dan Safety Sign Terlengkap di Indonesia

 

Rambu  k3/safety sign sebagai sarana komunikasi keselamatan dan kesehatan kerja.

Percetakan rambu K3 (Kesehatan, dan Keselamatan Kerja) Jual dan Bikin Safety Sign Termurah di Indonesia yang menyediakan berbagai rambu k3 untuk kebutuhan proyek atau perusahan anda.

Tahukah anda kerugian akibat kecelakaan kerja menurut data BPJS pada tahun 2020 mencapai 177.000 kasus yang menyebabkan kerugian RATUSAN MILYAR

Kecelakaan tidak hanya menyebabkan kematian, kerusakan material dan kerusakan lingkungan, tetapi juga mempengaruhi produktivitas dan keselamatan manusia.

Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada proyek atau perusahaan anda, oleh karna itu penggunaan Rambu K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) sangat dibutuhkan.

Daripada perusahaan atau proyek yang sedang anda jalani mengalami kerugian yang besar akibat kecelakaan yang terjadi pada lingkungan kerja akibat tidak menggunakan rambu K3.

Mulya jaya print hadir sebagai solusi yang menawarkan salah satu produk kami yaitu percetakan rambu K3 yang sesuai standar.

Pentingnya Penggunaan Rambu K3/Safety Sign



Setiap aktivitas kerja dapat menghadirkan bahaya atau risiko, entah itu bahaya keselamatan ataupun kesehatan. Karyawan harus berulang kali menghadapi berbagai faktor risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja (PAK) di tempat kerja.

Tidak ada satupun tempat kerja atau proyek yang dapat terhindar dari sumber bahaya baik bahaya risiko fisik, ergonomis, kimia, biologis, dan psikologis. Bahkan beberapa tempat kerja memiliki eksposur yang kompleks dan berisiko tinggi, seperti konstruksi, pertambangan, minyak dan gas.
Oleh karena itu, mengelola bahaya kompleks ini memerlukan manajemen risiko administratif di tempat kerja. Salah satunya adalah dengan memasang Rambu Keselamatan atau Rambu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Rambu K3) dengan desain atau tata letak rambu ganda di suatu tempat kerja.


Safety sign secara definitif

Safety sign merupakan penunjang visual berupa gambar-gambar yang ditempatkan di area kerja dan berisi pesan-pesan agar setiap karyawan selalu sadar akan aspek keselamatan dan kesehatan kerja.

Fungsi Safety Sign

Perlu dicatat bahwa ikon keselamatan bukanlah kontrol utama dan keberadaannya tidak dapat sepenuhnya menghilangkan bahaya. Namun, tanda-tanda keselamatan memainkan peran penting dalam meminimalkan bahaya atau bahaya untuk membantu mencegah kecelakaan kerja (PAK).
Rambu keselamatan juga membantu manajemen perusahaan mengingatkan karyawan, kontraktor, atau tamu perusahaan tentang potensi bahaya dan cara menghindarinya.
Jika tempat kerja Anda tidak memiliki tanda-tanda keselamatan, Anda dapat membayangkan bahwa orang-orang yang bekerja atau bekerja di sana tidak mengetahui bahaya apa yang ada di sana, apa yang tidak dapat mereka lihat, dan bagaimana cara menghindarinya. Hal ini tentunya dapat meningkatkan angka kecelakaan kerja (PAK).


Manfaat Safety Sign Yang Harus Anda Ketahui

  • Sebagai media pengingat kepada pekerja tentang bagaimana menghindari potensi risiko bahaya.
  • Menunjukkan potensi bahaya pada area kerja yang mungkin tidak terlihat.
  • Memberikan informasi umum dan arahan.
  • Memudahkan dalam proses evakuasi. 
  • Meningkatkan kesadaran dan kepedulian pekerja atau orang lain dalam area tentang bahaya di tempat kerja.
  • Membantu perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi SMK3, ISO, OHSAS, serta memenuhi peraturan keselamatan kerja.
Ini memberikan lebih banyak poin dalam audit kesehatan dan keselamatan kerja untuk membantu perusahaan mencapai sertifikasi seperti SMK3, ISO, OHSAS, dll.
Memenuhi persyaratan peraturan keselamatan di tempat kerja.


Dasar Hukum Pengunaan Safety Sign

Dasar Hukum Nasional

Pada UU No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, memasang safety sign merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi perusahaan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja dan orang lain yang berada di tempat kerja.

UU No.1 Tahun 1970 Pasal 14 huruf (b)
“Pengurus diwajibkan memasang dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua gambar keselamatan kerja yang diwajibkan dan semua bahan pembinaan lainnya, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli Keselamatan Kerja.”

Dasar Hukum Internasional

Sementara menurut regulasi internasional, Occupational Safety and Health Administration (OSHA) juga menyatakan hal serupa. Standar OSHA 1910.145 tentang Specifications for Accident Prevention Signs and Tags, mewajibkan penggunaan tanda atau simbol yang menunjukkan suatu bahaya atau kemungkinan bahaya tertentu yang membahayakan pekerja atau mengakibatkan kerusakan properti di tempat kerja.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Pada Safety Sign

Dalam layout safety sign, jika Anda ingin menambahkan informasi teks, Anda dapat menambahkannya di luar gambar, misalnya di samping gambar atau di bawah gambar. Safety sign juga harus mengandung pesan, tidak boleh digabungkan dengan pesan lain. Kedua pesan keselamatan tersebut harus dijelaskan dalam dua tanda keselamatan. Misalnya, gambar penggunaan alat pelindung diri, helm dan kacamata. Helm dan kacamata harus diberi label secara terpisah, menggunakan dua gambar yang berbeda.


Sesuaikan Kebutuhan Safety Sign Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Perusahaan Anda

Tentukan area apa yang membutuhkan Safety Sign lalu sampaikan kepada kami kebutuhan anda kami akan merekomendasikan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan anda.

Desain Safety Sign Harus Sesuai Standar Nasional/Internasional

Didalam standart ANSI Z535, pesan harus mudah dibaca. Pada Safety Sign harus ada informasi yang jelas dan mudah dimengerti. Teks / pesan sinyal keamanan biasanya mencakup prosedur dan bahaya ataupun konsekuensinya.

Untuk memudahkan pemahaman dan menghindari kebingungan pada pekerja dan kontraktor maka pesan dari safety sign harus jelas dan mudah dimengerti.

Tentukan Material Safety Sign Sesuai Yang Sesuai Dengan Penempatan Pada Area Kerja

Dalam menentukan material apa yang bagus digunakan dalam pembuatan safety sign anda harus memperhatikan kekuatan pada material yaitu tahan air, tahan panas, tahan goresan yang intinya jangan sampai anda menghambur-hamburkan biaya untuk safety sign yang tidak berkualitas.

Pemasangan Safety Sign Yang Baik Dan Benar

Posisi penempatan dan pemasangan safety sign harus dapat mudah dibaca setidaknya 1,5 meter agar seseorang dapat dengan mudah mengikuti instruksi pada rambu. Hal lain yang harus diperhatikan lagi adalah lokasi penempatan safety sign harus strategis.

Mulya Jaya Print: Percetakan Rambu K3 Termurah dan Terpercaya

Anda dapat memilih ribuan gambar tanda keselamatan berdasarkan bahaya pada area kerja Anda. Pilih gambar dari koleksi spanduk keamanan kami dan jika Anda tidak menemukan apa yang Anda cari, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami akan membantu Anda menemukan apa yang anda butuhkan.

Berbagai desain tanda keselamatan kami menggunakan desain yang mengacu pada ISO, ANSI, British (BS), IMO, OSHA, dan standar lainnya.


Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...