Cek detail produk plat nomor rumah Klik disini

Daftar isi

Bagaimana Jika Nomor Pada Rumah Sama Dengan Tetangga?

Hukum Penomoran Rumah

Ketahuilah Bagaimana Aturan Pemasangan Plat Nomor Rumah? Simak penjelasan bagaimana mengatasi jika nomor pada rumah sama dengan tetangga. Simak disini!

Nomor Rumah Anda Sama?

Beberapa orang sering menghadapi masalah memiliki nomor rumah  ganda  dalam satu zona RT/RW. 
Hal ini biasanya disebabkan oleh bangunan rumah yang baru saja di bangun Tidak hanya itu, beberapa orang juga percaya bahwa angka-angka tertentu akan membawa keberuntungan bagi penghuni rumah mereka. 


Jadi mereka biasanya akan bersikeras  menggunakan nomor apa pun yang mereka inginkan. Meski terdengar sepele, masalah penomoran rumah ini ternyata punya aturannya sendiri lho. 

Aturan pemasangan nomor rumah 

Jika ada masalah dengan nomor yang sama dengan tetangga, sebaiknya tanyakan dulu kepada penanggung jawab RT/RW dan cek data siapa yang pertama kali memakai nomor rumah tersebut. Lagi pula, ketua RT/RW wajib mendaftarkan setiap rumah yang baru dibangun di wilayahnya, termasuk  penomoran rumah. Setelah  pendataan,  RT/RW juga berkewajiban untuk melaporkan kepada instansi yang berwenang. 

Jika nomor yang sama dengan milik Anda tidak disimpan, Anda dapat meminta pemiliknya untuk menggantinya dengan nomor lain. Jangan ragu untuk melakukannya, karena Anda memiliki semua hak  atas nomor rumah karena Anda telah mendaftar terlebih dahulu. 

Jika mereka ragu untuk mengganti nomor rumah, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menambahkan partikel tambahan, seperti huruf.  Misalnya, angka 7 ditambah huruf menjadi 7A. 

Pada prinsipnya aturan nomor rumah  berbeda di setiap daerah. 
Yang terbaik adalah menanyakan terlebih dahulu tentang aturan nomor rumah di wilayah tempat Anda tinggal.

Hukum Pemasangan Nomor Rumah

Penomoran pada rumah berfungsi untuk memudahkan seseorang untuk menemukan alamat anda serta memudahkan pemerintah daerah untuk mencatat dan menata kependudukan.


Contoh Aturan Penomoran Rumah 

Pemasangan plat nomor rumah harus sesusai dengan aturan daerah yang ada dan bagian-bagian dari nomor rumah itu sendiri harus jelas dan informatif agar fungsi nomor rumah itu tersampaikan. Apabila anda ingin membuat nomor rumah anda sebaiknya mengecek aturan di daerah anda tinggal biasanya merupakan PERDA (Peraturan Daerah) atau PERDES (Peraturan Desa).

Kabupaten Ogan Ilir

Perda Kabupaten Ogan Ilir Nomor 4 Tahun 2013 yang mengatur tentang PEMBERIAN NAMA-NAMA JALAN, GANG, DAN NOMOR RUMAH/BANGUNAN

Pada Bab III Pasal 3 Ayat 1 Berbunyi:
Setiap Rumah/Bangunan dalam wilayah Kabupaten Ogan Ilir harus memiliki Nomor Rumah/Bangunan sebagai tanda pengenal alamat.

Pasal 6 berbunyi

Setiap Rumah/Bangunan dalam wilayah Kabupaten Ogan Ilir harus memiliki Nomor Rumah/Bangunan sebagai tanda pengenal alamat.

Peraturan setiap daerah berbeda-beda bahkan di beberapa daerah menerapkan sanksi apabila penomoran pada rumah tidak seragam. Pada Perwalkot Batu 12/2014 mengatur sanksi bahwa kepala dinas dapat menyita/mengambil nomor rumah yang tidak sesuai.

Aturan Nomor Rumah Pada Kabupaten Lamandau

Perda Kabupaten Lamandau Nomor 01 Tahun 2010 tentang Pemberian Nama-Nama Jalan, Gang dan Nomor Rumah/Bangunan

Aturan Nomor Rumah Pada Kabupaten Luwu Timur

Perda Kabupaten Luwu Timur Peraturan Daerah Kabupaten Luwu Timur Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penamaan Jalan dan Penomoran Bangunan.

Aturan Nomor Rumah Pada Yogyakarta

Perda Kotamadya Daerah Tingkat II Yogyakarta No. 7/1984 tentang Pemberian Nomor Rumah/Bangunan dan Pemasangan Papan Nama Kepala Keluarga.

Sanksi Penomoran Rumah  yang Melanggar Peraturan 

Dengan mengacu pada Perwalkot Batu 12/2014, kepala dinas dapat memerintahkan pencabutan pelat nomor rumah dan bangunan yang melanggar peraturan ini. 
Jadi jika tetangga Anda memasukkan nomor bangunan tanpa mendaftarkannya terlebih dahulu,  nomor tersebut dapat disalin atau dihapus.

Terkait dengan sanksi dapat anda cek aturan yang terdapat pada daerah anda bila aturan tersebut sudah ditetapkan.

Penutup

Jika nomor pada rumah sama dengan tetangga langkah pertama yang harus anda lakukan ialah mengecek data kepada RT/RW setempat siapa yang pertama kali menggunakan nomor rumah tersebut, kemudian RT/RW akan memvalidasi data anda. Jika cara ini belum menemui jalan tengah anda tambahkan huruf kedalam nomor rumah anda misal: 2A, 3A dst.

Salam,

Percetakan Plat Nomor Rumah
Terbesar dan Termurah di Indonesia

Silahkan chat dengan tim kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Mulai chat...